OLEH : Stanislaus Bandut,S.Pd
Peran Guru Pkn Ditengah Situasi Pandemi Covid-19
Dalam konteks pendidikan
diindonesia, peran Guru PKn perlu diperhitungkan.
Untuk mencapai suatu negara yang makmur maka warga negaranya juga harus memiliki karakter selain memiliki
pengetahuan maupun keterampilan. Peran guru PKn menjadi bagian yang tidak
terpisahkan dari hal tersebut terutama berkenaan dengan situasi pendemi
covid-19.
A. Pendidikan
kewarganegaraan (PKn)
Pendidikan kewarganegaraan (civic education atau citizenship education) merupakan salah satu bidang pengetahuan sebagai bagian dari pendidikan nilai yang dapat membentuk karakter warga negara. Dari segi tujuan PKn secara teoritis untuk menuntun warga negara agar dapat memiliki suatu sikap tanggung jawab dan juga membentuk warga negara agar dapat berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
PKn berorintasi pada pemberdayaan warga negara yaitu melalui partisipasi warga
negara itu sendiri. Dalam membentuk warga negara yang baik peran Guru PKn
menjadi titik tolak untuk mencapai tujuan dari PKn itu sendiri.
B. Pandemi
Covid 19 atau Virus Corona
Pendemi covid-19 atau virus corona
muncul diindonesia pada tanggal 2 maret 2020 dan masih berlangsung
sampai sekarang. Berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah mulai dari
penerapan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) dan upaya-upaya yang lain
seperti mewajibkan masyarakat mengikuti protokol kesehatan (Mencuci Tangan,
Memakai Masker Dan Menjaga Jarak). Upaya tersebut tidak terlalu memberi
pengaruh yang cukup signifikan dalam mengurangi penyebaran covid-19
dimasyarakat hal tersebut dapat kita lihat dari masih banyaknya masyarakat yang
terpapar virus corona. Saya melihat hal ini diakibatkan kurangnya keterlibatan
atau partisipasi warga negara serta minimnya kesadaran warga negara untuk
mengindahkan larangan-larangan yang telah dikeluarkan pemerintah.
C. Bagaiamana
peran guru PKn dalam mencegah penyebaran covid-19?
Dalam konteks penyebaran covid-19 diindonesia yang walaupun sekarang sudah ada vaksin yang telah dikeluarkan pemerintah. Namun dibalik itu semua peran guru PKn diharapkan mampu memberi sumbangsih moral kepada warga negara terutama bagi siswa-siswinya disekolah walaupun pembelajaran masih banyak yang bersifat online. Untuk mencapai tujuan Pendidikan kewarganegeraan ada 3 kompetansi warga negara yang diperlukan yaitu antara lain Pengetahuan Warga Negara, Keterampilan Warga Negara Dan Karakter Warga Negara. Dalam hal ini saya lebih menekankan pada pembentukan karakter warga negara terutama yang berkaitan dengan pandemi covid-19 yang sudah berlangsung lama diindonesia.
Saya melihat meningkatnya masyarakat yang terpapar virus corona selama ini diakibatkan Karena kurangnya kesadaran warga negara untuk mengikuti protocol kesehatan yang telah dikeluarkan pemerintah. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat kita kehilangan karakter kewarganegaraanya. Akibat dari hilangnya karakter warga negara, maka sia-sialah upaya yang dikeluarkan pemerintah dalam penangulangan penyebaran covid-19 diindonesia.
Pada posisi ini peran guru PKn adalah memberikan edukasi moral seperti memberikan saran, nasehat, serta mensosialisasikan dampak virus corona kepada siswa siswinya agar taat dengan segala aturan dari pemerintah. Hal ini sebagai bentuk kewajiban seorang guru PKn untuk membentuk karakter warga negara agar menjadi warga negara yang baik atau Good Citizenship.
Warga negara yang baik adalah warga negara yang menyadari segala persoalan-persoalan dimasyarakat dan mampu menyelesaikan serta sadar akan tanggung jawabnya sebagai warga negara. Dengan demikian Good Citizenship sebagai tujuan dari Civic Education Atau Citizenship Education yaitu warga negara yang efektif (effective citizen) dimana warga negara reflektif dan cakap serta memiliki kepedulian terhadap berbagai persoalan seperti persolan covid 19 yang telah berlangsung lama di Negara kita.
